Pengelolaan Kelas atau Manajemen Kelas

by 03.02 0 komentar
Berikut saya lampirkan resume Pengelolaan Kelas atau Manajemen Kelas sebagai bagian dari materi Psikologi Pendidikan untuk memenuhi tugas Psikologi Pendidikan :

Pengelolaan Kelas atau Manajemen Kelas



Pengertian pengelolaan atau manajemen kelas :

·         Membuat kelas sebagai tempat belajar.

·         Menciptakan proses belajar efektif di dalam kelas.

·         Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk mendukung terjadinya proses belajar.

·         Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar.

·         Mengupayakan sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.



Beberapa tujuan dari manajemen kelas, yaitu :

1.      Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.

2.      Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar-mengajar yang efektif.

3.      Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar efektif.

4.      Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya.



Tren dalam Manajemen Kelas

            Perbandingan tren lama dan baru dalam manajemen kelas adalah sebagai berikut :

Tren lama
Tren baru
Menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa.
Fokus pada kebutuhan siswa untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
Mengorientasikan siswa pada sikap pasif dan patuh pada aturan yang ketat sehingga melemahkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran aktif.
Menekankan pada pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri siswa.
Guru sebagai pengatur.
Menekankan pada siswa. Guru sebagai pemandu, koordinator dan fasilitator.
Model permisif.
Penekanan pada regulasi diri siswa.



Kunci dalam Manajemen Kelas di Awal Masa Sekolah :

·         Menyampaikan aturan dan prosedur yang digunakan kepada kelas dan mengajak siswa bekerja sama untuk mematuhinya.

·         Mengajak siswa terlibat aktif dalam semua aktivitas pembelajaran.



Hal yang harus dilakukan kepada siswa sebagai kunci dalam manajamen kelas, yaitu :

1.      Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah laku serta sadar untuk mengendalikan dirinya.

2.      Membanntu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan bukan kemarahan.

3.      Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung.

Hal yang harus dilakukan bagi guru sebagai kunci dalam manajamen kelas, yaitu :

1.      Mengembangkan pengertian dan kemampuan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah pengajaran secara tepat dan baik.

2.      Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam memberikan pengarahan yang jelas kepada siswa.

3.      Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang meninmbulkan gangguan.

Strategi yang dilakukan dalam manajemen kelas :

·         Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelajaran yang optimal.

·         Menciptakan lingungan yang poitif untuk pembelajaran.

·         Membangun dan menegakkan aturan.

·         Mengajak murid untuk bekerja sama.

·         Mengatasi problem secara efektif.

·         Menggunakan strategi komunikasi.

            Akan tetapi prinsip manajemen kelas diaplikasikan secara berbeda untuk setiap tingkat pendidikannya dan di sesuaikan juga dengan kebutuhan yang ada dengan mempertimbangkan iklim dan budaya sekolah.






Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar