Pengelolaan Kelas atau
Manajemen Kelas
Pengertian
pengelolaan atau manajemen kelas :
·
Membuat kelas sebagai tempat belajar.
·
Menciptakan proses belajar efektif di
dalam kelas.
·
Menciptakan suasana kelas yang kondusif
untuk mendukung terjadinya proses belajar.
·
Selalu berusaha agar siswa benar-benar
aktif belajar.
·
Mengupayakan sarana yang membantu proses
belajar menjadi lebih efektif dan efisien.
Beberapa tujuan dari
manajemen kelas, yaitu :
1. Mewujudkan
situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai
kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan
semaksimal mungkin.
2. Menghilangkan
berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar-mengajar
yang efektif.
3. Menyediakan
dan mengatur fasilitas serta perabot yang mendukung dan memungkinkan siswa
belajar efektif.
4. Membina
dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta
sifat-sifat individunya.
Tren dalam Manajemen
Kelas
Perbandingan
tren lama dan baru dalam manajemen kelas adalah sebagai berikut :
Tren lama
|
Tren baru
|
Menekankan
pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa.
|
Fokus
pada kebutuhan siswa untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata
diri.
|
Mengorientasikan
siswa pada sikap pasif dan patuh pada aturan yang ketat sehingga melemahkan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran aktif.
|
Menekankan
pada pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan
pada kontrol eksternal atas diri siswa.
|
Guru
sebagai pengatur.
|
Menekankan
pada siswa. Guru sebagai pemandu, koordinator dan fasilitator.
|
Model
permisif.
|
Penekanan
pada regulasi diri siswa.
|
Kunci dalam Manajemen
Kelas di Awal Masa Sekolah :
·
Menyampaikan aturan dan prosedur yang
digunakan kepada kelas dan mengajak siswa bekerja sama untuk mematuhinya.
·
Mengajak siswa terlibat aktif dalam
semua aktivitas pembelajaran.
Hal
yang harus dilakukan kepada siswa sebagai kunci dalam manajamen kelas, yaitu :
1.
Mendorong siswa mengembangkan tanggung
jawab individu terhadap tingkah laku serta sadar untuk mengendalikan dirinya.
2.
Membanntu siswa menampilkan tingkah
lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai
suatu peringatan bukan kemarahan.
3.
Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan
diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar sesuai dengan aktivitas kelas
yang sedang berlangsung.
Hal
yang harus dilakukan bagi guru sebagai kunci dalam manajamen kelas, yaitu :
1.
Mengembangkan pengertian dan kemampuan
dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah pengajaran secara
tepat dan baik.
2.
Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan
siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam memberikan pengarahan yang jelas
kepada siswa.
3.
Memberikan respon secara efektif
terhadap tingkah laku siswa yang meninmbulkan gangguan.
Strategi
yang dilakukan dalam manajemen kelas :
·
Mendesain lingkungan fisik kelas untuk
pembelajaran yang optimal.
·
Menciptakan lingungan yang poitif untuk
pembelajaran.
·
Membangun dan menegakkan aturan.
·
Mengajak murid untuk bekerja sama.
·
Mengatasi problem secara efektif.
·
Menggunakan strategi komunikasi.
Akan tetapi prinsip manajemen kelas diaplikasikan secara
berbeda untuk setiap tingkat pendidikannya dan di sesuaikan juga dengan
kebutuhan yang ada dengan mempertimbangkan iklim dan budaya sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar